Indonesian English
Search
Close this search box.

Awas! Kripto Abal-abal Mengintai, Kenali Ciri-Cirinya

digitalscommunity.co.id

Investasi kripto semakin populer di kalangan masyarakat, terutama di kalangan anak muda. Namun, di balik popularitasnya, kripto juga menyimpan potensi risiko kejahatan. Salah satu risiko yang paling diwaspadai adalah kemunculan kripto abal-abal.

Kripto abal-abal adalah kripto yang tidak memiliki nilai atau tidak didukung oleh proyek yang jelas. Kripto abal-abal biasanya dirancang untuk menipu investor dengan menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Menurut Co-founder PT Konakami Digital Indonesia, Dobby Lega Putra, kemunculan kripto abal-abal biasanya meningkat menjelang halving Bitcoin. Halving Bitcoin adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana jumlah Bitcoin yang dihasilkan per blok dipotong setengah.

“Halving Bitcoin biasanya disambut dengan euforia di kalangan investor kripto. Hal ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk menciptakan kripto abal-abal yang menjanjikan keuntungan besar,” ujar Dobby.

Selain itu, sudah ada beberapa kasus penipuan kripto yang terjadi di Indonesia. Pada akhir tahun 2023, Ditreskrimsus Polda Sumut menggerebek 10 tambang Bitcoin ilegal. Pada awal tahun 2024, Ditreskrimsus Polda Riau menangkap pencuri aset kripto.

Untuk menghindari menjadi korban kejahatan kripto, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Pelajari seluk beluk teknologi blockchain dan kripto terlebih dahulu. Pastikan Anda memahami apa itu kripto, bagaimana cara kerjanya, dan potensi risikonya.
  2. Pastikan kripto yang Anda pilih memiliki kejelasan, seperti teknologi blockchain yang digunakan, siapa pengembangnya, dan status legalitasnya. Jangan mudah percaya dengan kripto yang ditawarkan oleh orang yang tidak dikenal.
  3. Lakukan jual beli kripto di pedagang kripto yang resmi dan terdaftar di BAPPEBTI. Pedagang kripto yang resmi dan terdaftar di BAPPEBTI memiliki izin resmi dari pemerintah dan diawasi oleh BAPPEBTI.
  4. Gunakan modal bebas yang dipersiapkan untuk investasi jangka panjang. Kripto bersifat sangat volatil, sehingga Anda harus siap untuk menghadapi risiko kerugian.
  5. Simpan dan jaga baik-baik password dan private key dari dompet digital Anda. Password dan private key adalah kunci untuk mengakses kripto Anda.

Kejahatan kripto merupakan ancaman serius bagi investor. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips pencegahannya agar Anda tidak menjadi korban.

"Halving Bitcoin Biasanya Disambut Euforia, Pelaku Kejahatan Manfaatkan Kesempatan Ini"

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Rekomendasi Artikel Buat Kamu

sunswap
Sunswap adalah sebuah decentralized exchange (DEX)...
iran-dan-rusia
Iran dan Rusia akan bekerja sama untuk meluncurkan...
korea-selatan-1
Kementerian Kehakiman Korea Selatan mengungkapkan niat...

HARGA KRIPTO HARI INI

[mainmenumobile]